Tertarik Menggunakan Influencer Marketing? Simak Dulu Di Sini!

Marketing jadi salah satu andalan di era sekarang ini. Bukan hanya karena pengaruh media sosial yang demikian besar, namun sosok-sosok yang jadi perhatian publik juga seperti ‘menyediakan’ media baru untuk memasarkan produk dan menjamah konsumen yang sudah terkategorikan.

Pada dasarnya, influencer marketing merupakan cara pemasaran menggunakan sosok-sosok ini untuk memasarkan produk Anda. Baik digunakan secara langsung, diunggah dalam satu konten, atau product placement di video yang mereka buat.

Mari, kita lebih jauh mengulas mengenai pengertian dan manfaat influencer marketing untuk bisnis Anda. Mungkin juga Anda akan mendapatkan alasan kenapa cara ini banyak sekali digunakan saat ini.

Memahami Apa Itu Influencer Marketing

Influencer marketing merupakan salah satu konsep pemasaran yang memanfaatkan jasa influencer sebagai kanal pemasaran. Influencer sendiri diartikan sebagai sosok, orang, atau akun, yang memiliki pengikut dan pengaruh besar untuk membawa tren atau memicu perubahan pada pengikutnya.

Jadi pada prakteknya, brand atau produk Anda akan digunakan, dipampang, dimasukkan, atau dihubungkan secara langsung atau tidak langsung dengan pihak influencer, dengan tujuan memberikan promosi pada pengikut influencer tersebut.

Penggunaan konsep pemasaran ini banyak diadaptasi oleh brand, dari berbagai produk, kepada berbagai influencer. Perlu diingat setiap influencer pasti memiliki citra tersendiri, sehingga memudahkan brand untuk melakukan analisa segmen pasar yang dituju.

Menggunakan Influencer Marketing, Ini Manfaat yang Bisa Anda Harapkan

Tentu, kegiatan pemasaran, apapun jenisnya, bertujuan untuk meningkatkan penjualan di akhir prosesnya. Namun tentu ada baiknya jika kita bedah secara spesifik bagaimana influencer marketing bisa memberikan efek untuk brand dan produk Anda.

1. Perhatian Pasar secara Langsung

Tidak seperti menggunakan iklan di baliho atau media konvensional, penggunaan influencer marketing dapat membantu Anda mendapatkan perhatian segmen pasar yang Anda sasar secara langsung.

Seperti yang sudah diungkapkan sebelumnya, influencer selalu memiliki ‘publik’-nya sendiri. Sehingga ketika Anda bisa menganalisa dengan tepat dan dalam memilih influencer yang sesuai dengan produk Anda, maka efek atensi yang didapatkan akan lebih besar.

2. Kepercayaan Pengikut pada Influencer

Mereka disebut influencer bukan tanpa alasan. Jelas, karena mereka dapat mempengaruhi pengikutnya, baik dalam sisi pemikiran atau perilaku. Ketika brand atau produk Anda menempel pada influencer tersebut, asumsi awal yang diharapkan adalah bahwa sang influencer mempercayai produk Anda.

Hal ini yang akan berusaha diteruskan influencer pada pengikutnya, sehingga semakin banyak orang yang tahu dan menggunakan produk Anda. Pada akhir dari proses ini, semakin banyak orang yang jadi pelanggan Anda, dan melakukan pembelian berulang.

3. Membantu Upaya Perluasan Pasar

Memang selalu direkomendasikan untuk menggunakan jasa influencer yang sesuai dengan produk Anda. Tapi tak ada salahnya juga melebarkan pilihan pada influencer-influencer lain yang sekiranya masih terkait, dan setuju untuk mempromosikan value atau produk Anda.

Tujuannya adalah untuk menjangkau pasar yang lebih luas. Ketika dikatakan setiap influencer memiliki karakter pengikut yang spesifik, tentu hal ini bukan fiktif belaka. Jadi semakin luas jenis influencer yang Anda gunakan, asumsinya akan semakin luas pula promosi yang Anda lakukan.

4. Peningkatan Penjualan

Memang, semua aktivitas pemasaran selalu memiliki tujuan akhir agar produk bisa semakin laku di pasar, dan penjualannya meningkat. Hal ini juga yang bisa diharapkan dari penggunaan metode influencer marketing dalam upaya pemasaran produk dan bisnis Anda.

Semakin tinggi tingkat interaksi antara influencer dengan pengikutnya, maka idealnya semakin baik pula kepercayaan dan pengaruh yang diberikan pada pengikutnya tersebut. Meski demikian Anda tetap harus ingat bahwa pemilihan influencer ini serupa pentingnya dengan pemilihan media pemasaran.

Sedikit Tambahan Mengenai Pemilihan Influencer yang Akan Anda Gunakan

Seperti dalam memilih kanal pemasaran yang akan digunakan, pemilihan influencer sendiri juga harus jadi perhatian besar. Secara singkat, beberapa poin yang wajib Anda perhatikan adalah sebagai berikut.

– Cermati kategori atau karakter dari follower yang dimiliki influencer tersebut. Tak sekedar banyak berarti bagus, namun Anda juga wajib cermat apakah follower sang influencer memiliki ketertarikan pada produk serupa dengan produk Anda, atau setidaknya menunjukkan kecenderungan demikian.

– Jangan asal membuang anggaran, tak sekedar menggelontorkan dana besar untuk menggunakan jasa influencer, Anda juga tetap wajib cermat dalam mengatur alokasinya. Apakah penggunaan satu influencer besar cukup? Atau justru lebih menguntungkan menggunakan beberapa influencer kecil?

– Citra yang dimiliki, sekali lagi, citra influencer akan melekat pada dirinya, akunnya, atau orang tersebut. Jadi secara ideal, setiap orang akan memiliki branding-an sendiri. Pastikan nilai produk atau bisnis Anda sesuai dengan citra dari influencer tersebut.

Pembahasan mengenai influencer marketing di atas semoga bisa jadi satu inspirasi yang berguna untuk Anda dalam mengembangkan bisnis. Tentu saja, pada bagian hilir bisnis, tepatnya pada urusan pembayaran, Anda juga wajib menyediakan layanan terbaik.

Untuk membantu mengkonversi feed yang sudah didapatkan, pembayaran yang praktis, mudah, dan aman akan jadi tambahan besar. Jokul by DOKU, akan jadi partner terbaik Anda dalam urusan pembayaran. Proses integrasi yang mudah, operasional yang praktis, serta jaminan keamanan transaksi online, semua dimiliki Jokul, dan siap disajikan untuk bisnis Anda!

Tags: , , , ,